Hutan Pinus dan Hasil Air

Buku Hutan Pinus dan Hasil Air disusun bukan hanya untuk sekedar menulis buku, tetapi lebih sebagai salah satu cara menyampaikan informasi hasil penelitian dan pengembangan untuk ditindak lanjuti dengan implementasi kebijakan. Tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk memberikan gambaran bahwa penelitian yang dilakukan tidak hanya untuk menyusun laporan penelitian ilmiah belaka, tetapi dapat diimplementasikan dalam kebijakan pengelolaan.
Hutan Pinus, yang merupakan hutan tanaman andalan Perhutani nomor dua setelah Jati, akhir-akhir ini mendapat perhatian banyak pihak karena adanya keluhan tentang tingginya konsumsi air. Untuk menanggapi hal itu, telah dilakukan penelitian oleh beberapa perguruan tinggi (UGM, IPB dan UNIBRAW) dan instansi litbang kehutanan (BP2TPDAS Surakarta). Bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Hutan Perhutani di Cepu. Hasil penelitian yang berupa informasi teknis ilmiah belum dapat diaplikasikan dalam penyelenggaraan pengelolaan hutan yang berbasiskan ekosistem karena masih parsial dan belum terangkai dalam suatu informasi yang runtut.
Buku ini merupakan ekstraksi dari hasil-hasil penelitian dari banyak pihak dan dimaksudkan untuk menyajikan informasi yang tidak hanya lengkap tetapi juga mudah dicerna dan dimanfaatkan. Untuk itu informasi disajikan dalam sistematika bentuk pernyataan, sedangkan uraian selengkapnya ada didalam buku. Pernyataan yang disebutkan berikut merupakan kesimpulan dari beberapa hasil penelitian dan tercetak tebal di dalam buku ini.

Penulis Buku :
1. Ir. Sadhardjo Siswamartana,M.Sc.
2. Prof. Dr. Ir. Wani hadi Utomo
3. Ir. Sri Astuti Soedjoko
4. Ir. C Nugroho Sulistyo Priyono,M.Sc.
5. Ir. Nana.M Mulyana, M.Sc.
6. Ir. Omo Rusdiana, M.Sc.
7. Drs. Irfan Budi Pramono, M.Sc.

Editor:
Ir. C Nugroho Sulistyo Priyono, M.Sc.

Jumlah Halaman : 64
Bahasa : Indonesia
Tahun terbit : 2002

Download buku

Leave a Comment